Nugget goreng jadi keriput setelah matang, mungkin ini yang pernah Anda alami. Jika kondisinya seperti ini, maka penampilan nugget jadi tidak terlihat cantik, dan tidak indah lagi. Kondisi seperti ini yang kerap kali dipertanyakan orang, akan bagaimana sebaiknya, menggoreng nugget yang benar dan tepat, agar hasil nugget yang sudah digoreng jadi tetap terlihat cantik, dan tidak keriput. Mengingat nugget adalah salah satu makanan yang cukup difavoritkan oleh banyak orang, karena cara mengolahnya yang terbilang praktis dan mudah.

Penyebab nugget jadi keriput

Sebelum membahas tentang cara membuat nugget goreng yang baik, tidak ada salahnya jika sebelumnya membahas tentang penyebab kenapa nugget yang sudah digoreng jadi keriput. Berikut ini adalah beberapa penyebabnya, antara lain :

  • Proses menggorengnya yang terlalu lama.
  • Api yang digunakan, ketika menggoreng terlalu kecil.
  • Minyak yang digunakan ketika menggoreng terbilang dingin, dan belum panas, ketika digunakan untuk menggoreng.
  • Mungkin juga ketika ketika Anda membuat nugget sendiri, bahan yang digunakan, lebih banyak menggunakan lemak. Tentunya hal ini tidak akan terjadi, ketika Anda membeli nugget yang sudah jadi.
  • Umumnya, ketika Anda membuat nugget sendi, dan menggunakan kulit ayam di dalamnya, maka hasilnya akan keriput. Karena lemak yang ada di dalam kulit ayam akan mudah larut ketika digoreng.

 

Lihat juga beragam frozen food enak dan menarik lainnya di Nugget Grosir

 

Cara menggoreng nugget dengan baikĀ 

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda gunakan ketika membuat nugget goreng, secara tepat, yaitu :

  1. Simpan nugget di dalam lemari pendingin. Jika Anda menyimpannya di dalam freezer, tidak masalah. Namun sebelum digunakan, sebaiknya simpan terlebih dahulu nugget ke dalam lemari pendingin, selama beberapa saat, agar nugget jadi terasa dingin, dan tidak beku. Ketika nugget dalam kondisi beku, dan langsung digoreng, maka nugget akan menciut atau mengecil, setelah proses penggorengan selesai.
  2. Ketika hendak digoreng, nugget tidak boleh dalam kondisi beku, sebaiknya tidak juga boleh dalam suhu ruangan, hanya boleh dalam suhu dingin. Ketika nugget dalam kondisi dingin dan tidak beku, lalu digoreng, maka secara tidak langsung suhu nugget akan tetap stabil, dan bahkan akan terlihat sedikit merekah, dan tidak akan menciut setelah diangkat dari penggorengan.
  3. Siapkan penggorengan, dengan minyak di dalamnya, biarkan minyak panas, dengan menggunakan api sedang. Kondisi minyak tidak boleh terlalu panas. Karena hal ini akan membuat masakan jadi cepat hangus.
  4. Minyak yang sebaiknya digunakan, adalah minyak yang dalam kondisi baru, karena hal tersebut, akan mempengaruhi rona keemasan pada nugget yang akan digoreng. Ini yang membuat nugget jadi terlihat cantik nantinya. Sebaliknya jika menggunakan minyak bekas pakai, umumnya akan menghasilkan bintik hitam, dari hasil masakan yang sebelumnya. Masakan gosong yang sebelumnya.
  5. Apabila minyak dirasa terlalu panas, sebaiknya matikan kompor terlebih dahulu, dan biarkan selama beberapa saat, tunggu hingga suhu minyak dalam penggorengan berkurang.
  6. Jika suhu minyak di penggorengan dirasa pas, masukkan nugget secukupnya. Jangan terlalu banyak, karena nugget jadi lama matangnya. Sebaliknya jika terlalu sedikit maka nugget jadi cepat gosong. Goreng nugget secukupnya saja, dan sesuai kebutuhan. Jika kurang sebaiknya goreng kembali, jangan menggoreng terlalu banyak. Walaupun nugget yang sudah dingin tetap tidak mempengaruhi rasa, namun sedikit banyak mengonsumsi nugget dalam kondsi hangat, mempengaruhi indra penciuman dan juga indra pengecap Anda. Ini yang membuat selera makan jadi semakin meningkat.
  7. Ketika sedang digoreng, sebaiknya nugget harus sering diaduk-aduk atau dibolak-balik, agar nugget tidak cepat hangus / gosong. Selain itu, teknik ini juga membuat warna keemasan yang sebaiknya muncul pada nugget jadi keluar. Hasilnya nugget jadi matang merata. Tapi jangan terlalu sering juga dibolak-balik. Karena bisa membuat nugget jadi hancur.
  8. Goreng nugget sebentar saja, karena pada dasarnya, nugget sudah dalam kondisi matang. Sedangkan proses penggorengan ini hanya untuk menghasilkan rasa crispy dari bagian luar nugget itu sendiri, dan ketika dikonsumsi, nugget jadi hangat.
  9. Ketika nugget sudah matang merata dan berwarna keemasan, sebaiknya angkat, dan tiriskan. Anda dapat meniriskannya di wadah yang dilapisi kertas tissue secara langsung, atau langsung disajikan di piring saji.

Dari ulasan di atas, tentunya membuat nugget goreng yang baik, tidak teralu sulit. Bahkan bisa dikatakan sangat mudah !

 

Beberapa Paket Catering Kami yg ada :

 

Nugget Goreng
Call Now
WhatsApp